MADRASAH IBTIDAIYAH AL I
DESA KLUWUT KEC. BULAKAMBA KAB. BREBES
( STATUS TERAKREDITASI )
Alamat : Jl.
Pon-Pes Al Ikhlas Ds. Kluwut Kec. Bulakamba Kab. Brebes Pos. 52253
PENETAPAN
Nomor
: 02/48.C/VII/2008
Setelah mempertimbangkan masukan Komite Madrasah,
kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Madrasah Ibtidaiyah Al Ikhlas Kluwut
Tahun Pelajaran 2008/2009 ditetapkan berlaku terhitung mulai tanggal 15 Oktober
2008.
Pada akhir
tahun pelajaran, pelaksanaan KTSP ini akan dievaluasi dan/atau ditinjau ulang
yang hasilnya akan digunakan sebagai dasar dalam melakukan penyusunn dan
penetapan KTSP untuk tahun pelajaran berikutnya.
Ditetapkan di : Kluwut
Pada tanggal : 15 Oktober 2008
Mengetahui
Ketua
Komite Madrasah, Kepala
MI Al Ikhlas Kluwut
AKHMAD RIFA’I NANDANG
KURNIA, S.PdI.
Mengtahui,
Kepala Kantor Kementerian Agama,
Kabupaten Brebes
Drs. H. MUGHNI LABIB,
M.Si.
NIP. 150252365
KATA PENGANTAR
Dengan memanjatkan puji
syukur kehadirat Allah SWT dan sholawat Rasullah Muhammad SAW, Tim Penyusunan
Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Madrasah Ibtidaiyah Al-Ikhlas Kluwut dapat
menyelesaikan KTSP Madrasah Ibtidaiyah Al Ikhlas Kluwut KTSP ini disusun untuk
digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pendidikan pada Madrasah Ibtidaiyah
Al Ikhlas Kluwut dalam menentukan
berbagai macam kebijakan dan kegiatan belajar mengajar tahun 2008/2009 dan
seterusnya, agar terencana, terarah, dan tepat tujuan yang akan dicaai
khususnya dalam menghantarkan peserta didik Tekun Ibadah, Berakhlak karimah dan
unggul Berprestasi sebagai bekal hidup dan bekal membangun negeri tercinta
Indonesia.
Dalam penyususnan
Kurikulum Satuan Pendidikan (KTSP)ini kami berupaya semaksimal mungkin
menyajikan konsep, perangkat, serta strategi yang ideal, namun karena berbagai
keterbatasan yang Kami kekurangan dan kesalahan tidak bias Kami hindari.
Kepada semua pihak yang
telah memberikan bantuan serta bimbingan demi terselesaikannya KTSP ini, Kami
ucapkan terima kasih.
Kluwut,……………………….2011
Kepala
MI Al Ikhlas Kluwut
Nandang
Kurnia, S.Pd.I
Daftar isi
Halaman Pengesahan
|
………………………………………………………….....
|
i
|
Kata Pengantar
|
………………………………………………………….....
|
Ii
|
Daftar isi
|
………………………………………………………….....
|
Iii
|
BAB I PENDAULUAN
|
|
|
A.
Rasional
|
………………………………………………………….....
|
1
|
B.
Landasan Hukum
|
………………………………………………………….....
|
1
|
C.
Pengertian-pengertian
|
………………………………………………………….....
|
2
|
BAB II STANDAR KOMPETENSI LULUSAN,
VISI, MISI, DAN TUJUAN MADRASAH
|
|
|
A.
Standar Kompetensi Lulusan
|
………………………………………………………….....
|
3
|
B.
Visi Madrasah
|
………………………………………………………….....
|
3
|
C.
Misi Madrasah
|
………………………………………………………….....
|
4
|
D.
Tujuan Madrasah
|
………………………………………………………….....
|
4
|
BAB III STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM
|
|
|
A.
Struktur Kurikulum
|
………………………………………………………….....
|
5
|
1.
Kerangka Dasar Kurikulum
|
………………………………………………………….....
|
5
|
a.
Komponen Mata Pelajaran
|
………………………………………………………….....
|
5
|
b.
Komonen Muatan Lokal
|
………………………………………………………….....
|
5
|
c.
Komponen Pengembangan Diri
|
………………………………………………………….....
|
5
|
2.
Struktur Kurikulum
|
………………………………………………………….....
|
6
|
B.
Muatan Kurikulum
|
………………………………………………………….....
|
6
|
1.
Komponen Mata Pelajaran
|
………………………………………………………….....
|
6
|
2.
Komponen Muatan Lokal
|
………………………………………………………….....
|
10
|
3.
Komponen Pengembangan Diri
|
………………………………………………………….....
|
10
|
C.
Beban Belajar
|
………………………………………………………….....
|
11
|
BAB IV KRITERIA-KRITERIA
|
|
|
A.
Kriteria Ketuntasan Minimal
|
………………………………………………………….....
|
13
|
B.
Kriteria Kenaikan Kelas
|
………………………………………………………….....
|
14
|
C.
Kriteria Kelulusan
|
………………………………………………………….....
|
14
|
BAB V KALENDER PENDIDIKAN
|
………………………………………………………….....
|
15
|
LAMPIRAN-LAMPIRAN
|
|
|
1.
Silabus
|
|
|
2.
RPP
|
|
|
3.
Surat-surat Keputusan Kepala Sekolah
|
|
|
4.
SK Ketuntasan Kompetensi Minimal
|
|
|
BAB I
PENDAHULUAN
A. RASIONAL
Undang-undang
Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar
Nasional Pendidikan mengamanatkan bahwa Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
(KTSP) jenjang pendidikan dasar dan menengah disusun oleh satuan pendidikan
dengan mengacu pada Standar isi (SI) dan Standar Kompetensi Kelulusan (SKL)
serta berpedoman pada panduan yang disusun oleh Badan Standar Nasional
Pendidikan (BSNP).
Madrasah
Ibtidaiyah Al Ikhlas Kluwut sebagai satuan pendidikan dasar dilingkungan
Departemen Agama perlu menyusun KTSP Madrasah Ibtidaiyah Al Ikhlas Kluwut yang
mengacu pada Standar Nasional Pendidikan. Acuan yang digunakan dalam menyususn
KTSP ini meliputi standar isi, standar
kompetensi lulusan KTSP dar Badan Standar Nasioanl Pendidikan. Penyusunan KTSP
Madrasah Ibtidaiyah Al Ikhlas Kluwut dimaksudkan untuk menjamin tujuan
pendidikan nasional.
B. LANDASAN HUKUM
1.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang
Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 ayat (19) ; Pasal 18 ayat (1), (2), (3), (4)
; Pasal 32 ayat (1), (2), (3); Pasal 35 ayat (2); Pasal 36 ayat (1), (2), (3),
(4); Pasal 37 ayat (1), (2), (3); Pasal 38 ayat (1), (2), (3).
2.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005
tentang Standar Nasional pendidikan Pasal 1 ayat (5), (13), (14), (15); Pasal 5
ayat (1), (2),; Pasal 6 ayat (6); Pasal 7 ayat (1), (2), (3), (4), (5), (6),
(7), (8); Pasal 8 ayat (1), (2), (3); Pasal 10 ayat (1), (2), (3); Pasal 11
ayat (1), (2), (3), (4); Pasal 13 ayat 1), (2), (3), (4); Pasal 14 ayat (1),
(2), (3); Pasal 16 ayat (1), (2), (3), (4), (5); Pasal 17 ayat (1), (2); Pasal
20.
3.
Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar isi.
4.
Permendiknas No. 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi
Kelulusan.
5.
Panduan Penyusunan KTSP Jenjang Pendidikan Dasar dan Menegah
dari BSNP (2006).
6.
Surat Edaran Dirjen Pendidikan Islam Nomor :
DJ.II/PP.00/Ed/681/2006 tentang Pelaksanaan Standar Isi.
7.
Surat Edaran Kanwil Dep. Agama Provinsi Jawa Tengah Nomor
Kw.11.4/1/PP.00/2006.
C. PENGERTIAN
1. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan adalah operasional yang
disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan. KTSP terdiri
dari tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan, struktur dan muatan kurikulum
tingkat satuan pendidikan, kalender pendidikan, silbus dan rencana program
pembelajaran.
2. Silabus
Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau
kelompok mta pembelajaran tertentu yang mencakup standar kompetensi daar,
materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indicator, penilaian, alokasi
waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. Silabus merupakan penjabaran standar
kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi okok/pembelajaran, kegiatan
pembelajaran, dan indicator pencapaian kompetensi untuk penilaian.
3. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata
pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar,
kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, langkah-langkah
pembelajaran, indicator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat
belajar. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran adalah bentuk penjabaran dari silabus
ke dalam bentuk langkah-langkah pembelajaran.
4. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) adalah tingkat pencapaian
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar mata pelajarn. Penetapan KKM per
kompetensi dasar (KD) mata pelajaran ini mempertimbangkan tingkat esensial KD untuk mencapai
standar kompetensi (SK). Tingkat kerumitan dan kesulitan (Kompleksitas) per KD untuk
dicapai oleh siswa, tingkat kemampuan rata-rata (Intake) siswa Madrasah dalam mencapai KD dan ketersediaan
sumber daya pendukung Madrasah (tenaga, sarana pendidikan).
BAB II
STANDAR KOMPETENSI
KELULUSAN, VISI, MISI DAN
TUJUAN PENDIDIKAN MADRASAH
1. Standar Kompetensi Lulusan Madrasah
Standar Kompetensi Lulusan Satuan
Pendidikan (SKL-SP) MI selengkapnya adalah :
a.
Menjalankan ajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap
perkembangan anak
b.
Mengenai kekurangan dan kelebihan sendiri
c.
Memenuhi aturan-aturan social yang berlaku dalam
lingkungannya
d.
Menghargai keberagaman agama, budaya, suku, ras dan golongan
social ekonomi dilingkungan sekitarnya
e.
Menggunakan informasi tentang lingkungan sekitar secara
logis, kritis dan kreatif
f.
Menunjukan kemampuan berfikir logis, kritis, dan kreatif
dengan bimbingan guru/pendidik
g.
Menunjukan rasa keingin tahuan yang tinggi dan menyadari
potensinya
h.
Menunjukan kemampuannya untuk memcahkan masalah sederhana
dalam kehidupan sehari-hari
i.
Menunjukan kemampuan mengenal gejala alam dan social
dilingkungan sekitarnya
j.
Menunjukan kecintaan dan kepedulian terhadap lingkungan
k.
Menunjukan kecintaan dan kebanggaan terhadap bangsa, Negara
dan tanah air Indonesia
l.
Menunjukan kemampuan untuk kegiatan seni dan budaya local
m.
Menunjukan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar, aman dan
memanfaatkan waktu luang
n.
Berkomunikasi secara jelas dan santun
o.
Bekerja sama dengan kelompok, tolong menolong dan menjaga
diri sendiri dalam lingkungan keluarga dan teman sebaya
p.
Menunjukan kegemaran membaca dan menulis
q.
Menunjukan ketrampilan menyimak, berbicara, membaca, menulis
dan berhitung
(Disadur dari Permendiknas 23/2006
tentang SKL)
2. Visi
Madrasah Ibtidaiyah Al Ikhlas Kluwut
sebagai lembaga pendidikan dasar berciri khas Islam perlu mempertimbangkan
harapan murid, orang tua murid, lembaga pengguna lulusan madrasah dan
masyarakat dalam merumuskan visinya. Madrasah Ibtidaiyah Al Ikhlas Kluwut juga
diharapkan merespon perkembangan dan tantangan masa depan dalam ilmu
pengetahuan dan teknologi, era informasi dan globalisasi yang sangat cepat.
Madrasah Ibtidaiyah Al Ikhlas Kluwut ingin mewujudkan harapan dan respon dalam
visi berikut :
Indicator Visi :
Terwujudnya anak-anak bangsa yang bertakwa Kepada Tuhan Yang
Maha Esa, berakhlakul mulia, memiliki kemampuan pengetahuan dan ketrampilan
yang cukup dan memiliki kemampuan menyesuaikan diri dengan lingkungannya.
Misi :
· MADRASAH YANG MAMPU
MENCIPTAKAN MANUSIA YANG BERIMAN DAN BERTAKWA KEPADA ALLAH SWT SERTA
BERAKHLAKUL MULIA
· MADRASAH YANG MAMPU
MENCETAK MANUSIA YANG MEMILIKI ILMU PENGETAHUAN DAN KETRAMPILAN YANG CUKUP
· MADRASAH YANG SELALU
BERGUNA DAN DICINTAI OLEH MASYARAKAT
|
3. Tujuan Pendidikan Madrasah
Secara umum, tujuan pendidikan
Madrasah Ibtidaiyah Al-Ikhlas Kluwut adalah meletakan dasar kecerdasan,
pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia serta ketrampilan untuk hidup mandiri
dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. Bertolak dari tujuan umum pendidikan
dadar tersebut, Madrasah Ibtidaiyah Al Ikhlas Kluwut mempunyai tujuan sebagai
berikut :
·
Menunjukan Madrasah yang unggul (Favorit)
·
Mengoptimalkan proses pembelajaran dengan menggunakan
pendekatan Pembelajaran Aktif (PAKEM,
CTL)
·
Mengembangkan potensi akademik, minat dan bakat siswa melalui
layanan bimbingan dan konseling dan kegiatan ekstra kurikuler
·
Mampu membaca Al Qur’an dan mengamalkan ajaran islam serta
membiasakan perilaku islami dilingkungan Madrasah
·
Meningkatkan prestasi akademik siswa dengan nilai rata-rata
7,5
·
Meningkatkan prestasi akademik siswa dibidang seni dan
olahraga lewat kejuaraan dan kompetisi
BAB III
STRUKTUR KURIKULUM DAN
MUATAN KURIKULUM
MADRASAH IBTIDAIYAH AL
IKHLAS KLUWUT
A. STRUKTUR KURIKULUM
Struktur kurikulumm merupakan pola
dan susunan mata pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik alam kegiatan
pembelajaran. Kedalam muatan kurikulum tiap mat pelajaran dituangkan dalam
benyuk Kompetensi (Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar) yang dikembangkan
berdasarkan Standar Kompetensi Kelulusan (SKL)
1.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar
Nasional Pendidikan pasal 6 ayat (1) menyatakan bahwa kurikulum untuk jenis
pendidikan umum, kejuruan, dan khusus pada jenjang pendidikan dasar dan
menengah terdiri atas komponen mata pelajarn, komponen muatan local dan
komponen pengembangan diri.
a.
Komponen Mata Pelajaran
1)
Kelompok mata pelajaran agama dan akhlakul mulia, dimaksudkan
untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa Kepada
Tuhan yang Maha Esa serta berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi
pekerti, atau moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama.
2)
Kelompok mata pelajaran Kewarganegaraan dan kepribadian,
dimaksudkan untuk peningkatan kesadaran dan wawasan peserta didik akan status,
hak dan kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta
meningkatkan kualitas dirinya sebagai manusia.
3)
Kelompok mata pelajarana ilmu pengetahuan dan teknologi,
dimaksudkan untuk mengenal, menyikapi, dan mengapresiasikan ilmu pengetahuan
dan teknologi serta menanamkan kebiasan berfikir dan berperilaku ilmiah yang
kritis, kreatif dan mandiri.
4)
Kelompok mata pelajaran estetika, dimaksudkan untuk
meningkatkan sensitivitas, kekampuan mengekspresikan dan kemampuan
mengekspresikan keindahan dan harmoni.
5)
Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan, dimaksudkan
untuk meningkaykan potensi fisik serta menanamkan sportivitas dan kesadaran
hidup sehat.
b.
Komponen muatan lokal
Muatan local dimaksudkan untuk mengembangkan kompetensi yang
disesuaikan dengan cirri khas madrasah dan potensi daerah, termasuk keunggulan
daerah yang materinya tidak dapat dikelompokan kedalam mata pelajaran yang ada.
(Dikembangkan sendiri
oleh madrasah sesuai dengan potensi masing-masing-peny)
c.
Komponen Pengembangan diri
Pengembangan diri dimaksudkan untuk memberikan kesempatan
kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan
kebutuhan, bakat, dan minat setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah.
2.
Struktur Kurikulum
Lampiran :
Surat Edaran Ditjen Pendidikan Islam Nomor :
DJ.II/PP.00/ED/681/2006
Table : Struktur Kurikulum MI
Komponen
|
Kelas dan Alokasi Waktu
|
|||||
I
|
II
|
III
|
IV
|
V
|
VI
|
|
A. Mata Pelajaran
|
|
|
|
|
|
|
1.
Pendidikan Agama Islam
|
|
|
|
|
|
|
a.
Al Qur’an Hadist
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
b. Aqidah Akhlak
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
c. Fiqh
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
d. SKI
|
|
|
2
|
2
|
2
|
2
|
e. Bahasa Arab
|
|
|
|
3
|
3
|
3
|
2.
Pendidikan Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
3.
Bahasa Indonesia
|
4
|
4
|
4
|
5
|
5
|
5
|
4.
Matematika
|
4
|
4
|
4
|
5
|
5
|
5
|
5.
Ilmu Pengetahuan Alam
|
3
|
3
|
3
|
4
|
4
|
4
|
6.
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
7.
Seni Budaya dan Ketrampilan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
8.
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
B.
Muatan Lokal *)
|
|
|
|
|
|
|
a.
Bahasa Inggris
|
|
|
|
2
|
2
|
2
|
b.
Bahasa Jawa
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
c.
Baca Tulis Al-Qur’an
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
C.
Pengembangan Diri **)
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
31
|
31
|
33
|
41
|
41
|
41
|
B. MUATAN KURIKULUM
Berdasarkan Standar Isi yang
dikembangkan oleh BSNP, kebijakan Kanwil Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah,
Kebijakan Kamenag Kabupaten Brebes dan hasil rapat internal Komite Madrasah,
mata pelajaran yang dikembangkan oleh Madrasah Ibtidaiyah Al Ikhlas Kluwut
dideskripsikan sebagai berikut :
1. Komponen Mata Pelajaran
a. Pendidikan Agama Islam
Pendidikan Agama Islam yang dikembangkan di Madrasah
Ibtidaiyah Al Ikhlas Kluwut meliputi sub mata pelajaran :
1)
Al Qur’an Hadist ; Mata Pelajaran Al Qur’an Hadist di
Madrasah Ibtidaiyah bertujuan untuk memberikan kemampuan dasar kepada peserta
didik dalam membaca, menulis, membiasakan dan menggemari Al Qur’an dan Hadist
untuk mendorong, membina dan membimbing akhlaq dan perilaku peserta didik agar
berpedoman kepada dan sesuai dengan isi kandungan ayat-ayat Al Qur’an dan
Hadist.
Ruang lingkup dari mata pelajaran ini meliputi :
a.
Pengetahuan dasar membaca dan menulis Al Qur’an
b.
Hafalan surat-surat pendek
c.
Pemahaman kandungan surat-surat pendek
d.
Hadist-hadist tentang kebersihan, niat, menghormati orang
tua, persaudaraan, silaturahim, takwa, menyayangi anak yatim, shalat berjamaah,
cirri-ciri orng munafik dan amal saleh.
2)
Aqidah Akhlaq ; Mata pelajaran ini bertujuan untuk
menumbuhkan dan ketentuan hukum Islam yang meningkatkan keimanan peserta didik
yang diwujudkan dalam akhlaqnya yang terpuji, melalui pemberian dan pemupukan
pengetahuan, penghayatan, pengamalan serta pengalaman peserta didik tentang
aqidah dan akhlaq Islam.
Ruang lingkup dari mata pelajaran ini meliputi :
a.
Aspek keimanan
b.
Aspek Akhlaq
c.
Aspek kisah keteladanan
3)
Fiqh Mata pelajaran ini bertujuan untuk membekali peserta
didik agar dapat mengetahui dan memahamai pokok-pokok hokum islam secara
tereperinci dan menyeluruh, baik berupa dalil naqli dan aqli, serta
melaksanakan dan mengamalkan ketentuan hokum Islam yang benar.
Ruang lingkup dari mata pelajaran ini meliputi : Keserasian,
keselarasan dan keseimbangan antara :
·
Hubungan manusia dengan Allah SWT
·
Hubungan manusia dengan sesaman manusia dan
·
Hubungan manusia dengan alam lingkungan
4)
Sejarah Kebudayaan Islam. Mata pelajaran ini bertujuan untuk
membekali peserta didik dengan pengetahuan tentang sejarah dan kebudayaan
Islam, mendorong peserta didik untuk mengambil ibrah, nilai dan makna yang
terdapat dalam sejarah serta menanamkan penghayatan dan kemauan yang kuat untuk
berakhlaq mulia berdasarkan cermatan atas fakta sejarah yang ada.
Ruang lingkup mata pelajaran meliputi :
Di tingkat Madrasah Ibtidaiyah dikaji tentang sejarah Arab
pra Islam, sejarah Rasullah SAW dan Al-Khulafaur Rasyidin.
b. Pendidikan Kewarganegaraan
Mata pelajaran ini bertujuan agar peserta didik memiliki
kemampuan secara kritis, rasional, dan kreatif dalam menggapai isu
kewarganegaraan, berprestasi secara aktif dan bertanggung jawab dan bertindak
cerdass dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta
anti-korupsi, membentuk diri berdasarkan karakter-karakter masyarakat Indonesia
agar dapat hidup bersama dengan bangsa-bangsa lainya, dan berinteraksi dengan
bangsa-bangsa lain dalam percaturan dunia.
Ruang lingkup mata pelajaran ini meliputi aspek-aspek sebagai
berikut :
1)
Persatuan dan Kesatuan bangsa
2)
Norma, hokum dan peraturan
3)
Hak Azazi Manusia
4)
Kebutuhan warga Negara
5)
Konstitusi Negara
6)
Kekuasaan dan Politik
7)
Pancasila
8)
Globalisasi
c. Bahasa Indonesia
Mata pelajaran ini bertujuan agara peserta didik mampu
mempunyai keahlian berkomunikasi csecara aktif dan efesien dengan etika yang
berlaku, baik secara lisan maupun secara tulis, memahami bahasa Indonesia dan
menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan, menggunakan
bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, serta kematangan
emosional dan social, memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan,
memperhalus budi pekerti, dan membanggakan sastra indonesia sebagai khazanah
budaya dan intelektual manusia Indonesia.
Ruang lingkup mata pelajaran ini meliputi aspek-aspek sebagai
berikut :
1)
Mendengarkan
2)
Berbicara
3)
Membaca
4)
Menulis
d. Bahasa Arab
Mata pelajaran ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan
peserta didik berkomunikasi dalam bahasa tersebut, dalam bentul lisan dan
tulis, memanfaatkan bahasa arab untuk menjadi alat utama belajar, khususnya
dalam mengkaji sumber-sumber ajaran islam dan mengembangkan pemahaman tentang
saling keterkaitan antar bahasa dan budaya serta memperluas cakrawala budaya.
Ruang lingkup mata pelajaran ini meliputi aspek-aspek sebagai
berikut :
1)
Kemampuan berkomunikasi yang melputi mendengarkan (istima’),
berbicara (kalam), membaca (qira’ah), dan menulis (kitabah)
2)
Kemampuan gramatika (Nahwu dan Sharf)
e. Matematika
Mata pelajaran ini bertujuan untuk membekali peserta didik
memiliki kemampuan memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antar
konsep dan mengaplikasikan konsep atau alogaritma, secara luwes, akurat,
efesien dan tepat dalam pemecahan masalah. Menggunakan penalaran pada pola dan
sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun
bukti atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika. Memecahkan masalah
yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika,
menyelesaikan table, diagram atau media lain untuk memperjelas keadaan atau
masalah.
Ruang lingkup mata pelajaran ini meliputi aspek-aspek sebagai
berikut :
1)
Bilangan
2)
Geometri dan pengukuran
3)
Pengolahan data
f.
Ilmu Pengetahuan Alam
Mata pelajaran ini bertujuan untuk membekali peseta didik
memiliki kemampuan mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep IPA
yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, menegmbangkan
rasa ingin tahu, sikap positif dan kesadaran tentang adanya hubungan yang
saling mempengaruhi antara IPA, lingkungan, teknologi, dan masyarakat, mengembangkan
ketrampilan proses untuk menyelediki alam sekitar, memecahkan masalah dan
membuat keputusan.
Ruang lingkup mata pelajaran ini meliputi aspek-aspek sebagai
berikut :
1)
Makhluk hidup dan proses kehidupan
2)
Benda/materi, sifat-sifat dan kegunaannya
3)
Energy dan perubahannya
4)
Bumi dan alam semesta
g. Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata pelajaran ini bertujuan untuk membekali peseta didik
memiliki kemampuan konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan
lingkungan sekitarnya, meiliki kemampuan dasar untuk berfikir logis dan kritis,
rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah dan ketrampilan dalam kehidupan
social dan meiliki kemampuan berkomunikasi, bekerja sama.
Ruang lingkup mata pelajaran ini meliputi aspek-aspek sebagai
berikut :
1)
Manusia, tempat dan lingkungan
2)
Waktu, keberlanjutam dan perubahan
3)
System social dan budaya
4)
Perilaku ekoniomi dan kesejahteraan
h. Seni dan Budaya
Mata pelajaran ini bertujuan untuk mengembangkan apresiasi
terhadap seni budaya dan ketrampilan, menumbuhkan kreativitas melalui seni budaya
dan ketrampilan.
Ruang lingkup mata pelajaran ini meliputi aspek-aspek sebagai
berikut :
1)
Seni rupa
2)
Seni music
3)
Seni tari
4)
Seni drama
5)
Ketrampilan
i.
Pendidikan Jasmani,
Olahraga dan Kesehatan
Mata pelajaran ini bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan
fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik, meningkatkan kemampuan dan
ketrampilan gerak dasar, mengembangkan sikap sportif, jujur, disiplin,
bertanggung jawab, kerjasama, percaya diri dan demokratis dan memahami konsep
aktivitas jasmani dan olahraga dilingkungan yang bersih sebagai informasi untuk
mencapai pertumbuhan fisik sempurna, pola hidup sehat dan kebugaran, terampil,
serta memiliki sikap yang positif.
Ruang lingkup mata pelajaran ini meliputi aspek-aspek sebagai
berikut :
1)
Permainan dan olahraga
2)
Aktivitas pengembangan
3)
Aktivitas senam
4)
Aktivitas ritmik
5)
Aktivitas air
6)
Kesehatan
(Disadur dari
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar tiap mata pelajaran-Peny)
2. Komponen Muatan Lokal
Pengembangan muatan local di Madrasah Ibtidaiyah Al Ikhlas
Kluwut didasarkan pada kebijakan Gubernur Jawa Tengah, kebijakan Kandepag
kabupaten Ibtidaiyah Al Ikhlas Kluwut dan hasil rapat Internal komite Madrasah
Ibtidaiyah Al Ikhlas Kluwut. Atas adasar beberapa aturan tersebut muatan local yang
dikembangkan oleh Madrasah Ibtidaiyah Al Ikhlas Kluwut terdiri atas mata
pelajaran sebagai berikut :
a.
Bahasa Jawa
Mata pelajaran ini bertujuan untuk mengembangkan apresiasi
terhadap bahasa dan budaya Jawa Tengah, mengenalkan identitas masyarakat Jawa
Tengah dan menanamkan kecintaan pada bahasa danb budaya Jawa Tengah.
Ruang lingkup mata pelajara ini adalah :
1)
Kemampuan berkomunikasi yang meliputi mendengarkan
(ngrungokake), berbicara (guneman), membaca (maca) dan menulis (nulis).
2)
Kemampuan Menulis Huruf Jawa
(Disadur
sendiri oleh madrasah sesuai petunjuk Kebijakan Diknas ttg Mulok Bahasa
Jawa-Peny)
b.
Baca Tulis Al-Qur’an
Mata pelajaran ini bertujuan untuk mengenalkan ketrampilan
membaca dan menulis Al qur’an sejak usia dini, menunjukan kecintaan dengan
kegemaran untuk membaca Al qur’an. Ruang lingkup mata pelajara ini adalah :
Pengenalan huruf hijaiyah dan tanda baca, pelatihan membaca huruf hijaiyah yang
dipisahkan maupun disambung, pengenalan bacaan-bacaan tajwid dalam Al-Qur’an
dan pengenalan bacaan-bacaan gharib dalam Al-Qur’an.
c.
Bahasa Inggris
Mata pelajaran ini bertujuan untuk membina ketrampilan
berbahasa dan berkomunikasi secara lisan dan tulis untuk mempersiapkan siswa
menghadapi IPTEK dalam menyongsong era globalisasi.
Ruang lingkup mata pelajara ini adalah :
1)
Mendenagrkan (listening)
2)
Berbicara (speaking)
3)
Membaca (reading)
4)
Menulis (writing)
d.
Kegiatan Pengembangan Diri
Pengembangan diri adalah kegiatan yang bertujuan memberikan
kesempatan kepada peserta didik untuk mengemabangkan dan mengekspresikan diri
sesuai dengan kebutuhan, bakat, minat setiap peserta diddik sesuai dengan
kondisi madrasah. Bentuk kegiatan pengambangan Madrasah Ibtidaiyah Al Ikhlas
kluwut berupa :
a.
Sholat Dhuha dan Dhuhur berjamaah, bertujuan mengenalkan
pelaksanaan ibdah shalat dan menanamkan kecintaan untuk menjaga shalat fardu.
Ruang lingkupnya adalah pembiasaan shalat Dhuha dan shalat Dhuhur secara
berjamaah.
b.
Tadarus Al Qur’an bertujuan untuk menanamkan rasa cinta
terhadap al Qur’an dan membiasakan siswa agar senantiasa membaca al-Qura’an.
Ruang lingkupnya adalah pembiasaan membaca al Qur’an setiap hari.
c.
Layanan Bimbingan dan Konseling bertujuan untuk memberikan
layanan konseling kepada peserta ddik dilingkungan madrasah. Ruang lingkupnya
meliputi :
1)
Layanan orientasi pengenalan lingkungan madrash
2)
Layanan bimbingan belajar
3)
Layanan konseling kesulitan belajar dan masalah pribadi siswa
e.
Kepramukaan
Bertujuan untuk melatih siswa agar terampil dan mandiri,
menanamkan sikap peduli terhadap orang lain, melatih agar mampu bekerjasama
dengan orang lain, menanamkan sikap disiplin, menumbuhkan rasa percaya diri.
Ruang lingkupnya adalah :
1)
Ketrampilan personal
2)
Ketrampilan social
3)
Ketrampilan vokasional sederhana
f.
Seni Baca Tulis Al-Qur’an
Bertujuan untuk menumbuhkan apresiasi (penghargaan) siswa
terhadap seni budaya islam, memupuk bakat dan minat siswa dibidang seni baca Al
Qur’an, menumbuhkan rasa percaya diri. Ruang lingkupnya adalah : Ketrampilan
membaca Al Qur’an.
g.
Seni Rebana dan Marching
Band
Bertujuan untuk menumbuhkan apresiasi
(penghargaan) siswa terhadap seni budaya islam, memupuk bakat dan minat siswa
dibidang seni music islam, menumbuhkan rasa percaya diri. Ruang lingkupnya
adalah : Ketrampilan memainkan alat music rebana.
Ø Jadwaldan Alokasi waktu
No
|
Kegiatan
|
Hari
|
Waktu
|
Keterangan
|
1
|
Layanan Bimbingan Konseling
|
Senin-Sabtu
|
07.30-13.00
|
Ekuvalen dengan 2 jam pelajaran (2X35 menit)
|
2
|
Tadarus Al Qur’an
|
Senin-Sabtu
|
07.15-07.30
|
|
3
|
Shalat Dhuha berjamaah
|
Senin-Sabtu
|
08.45-09.00
|
|
4
|
Shalat Dhuhur berjamaah
|
Senin-Sabtu
|
11.45-12.15
|
|
5
|
Kepramukaan
|
Jumat
|
15.15-16.45
|
|
6
|
Dokter kecil/UKS
|
Sabtu
|
15.15-16.45
|
|
7
|
Seni membaca Al Qur’an
|
Sabtu
|
15.15-16.45
|
|
8
|
Seni Rebana/Marching Band
|
Sabtu
|
15.15-16.45
|
Ø Penilaian Kegiatan
Pengembangan Diri
Penilaian kegiatan pengembanagan diri dilakukan dengan
pendekatan kualitatif dengan rentang sebagai berikut :
Kategori Nilai
|
Keterangan
|
A
|
Sangat Baik
|
B
|
Baik
|
C
|
Cukup
|
D
|
Kurang
|
C. BEBAN BELAJAR
Penyelenggaraan pendidikan
di Madrasah Ibtidaiyah Al Ikhlas Kluwut dilaksanakan dengan menggunakan system
paket, yaitu penyelenggaraan pendidikan dimana peserta didik diwajibkan
mengikuti seluruh program pembelajaran dan beban belajar yang sudah ditetapkan
untuk setiap kelas sesuai dengan struktur kurikulum yang berlaku.
Setiap mata pelajaran pada
system paket dinyatakan dalam bentuk satuan jam pembelajaran yang meliputi
kegiatan tatap muka, penugasan structural, dan kegiatan mandiri tak
berstruktur. Penugasan terstruktur adalah kegiatan pembelajaran yang berupa penalaman materi pembelajaran oleh
peserta didik yang dirancang oleh pendidik untuk mencapai standar kompetensi.
Bentuk penugasan terstruktur adalh pemberian tugas individu, pemberian tugas
kelompok, melakukan riset sederhana (percobaan) dan lain-lain.
Kegiatan mandiri tidak
terstruktur adalah kegiatan pembelajaran yang berupa pendalaman materi
pembelajaran oleh peserta didik yang dirancang oleh pendidik untuk mencapai
standar kompetensi. Bentuk kegiatan mandiri tidak berstruktur berupa pemberian
pekerjaan rumah (PR), tugas kegiatan tadrus dirumah, melaksanakan sholat
berjamaah dimasjid sekitar rumah, mengamati prinsip kerja pengetahuan alam dan
atau pengetahuan social dalam kehidupan sehari-hari.
Kegiatan penugasan
terstruktural dan kegiatan mandiri tidak berstruktural tertuang ke dalam
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang dibuat oleh guru. Alokasi waktu untuk penugasan
terstruktural dan kegiatan mandiri tidak terstruktur dalam system paket untuk
SD/MI/SDLB 0%-40% dari waktu kegiatan tatap muka mata pelajaran yang
bersangkutan.
Pengaturan beban belajar
yang dilakukan oleh Madrasah Ibtidaiyah Al Ikhlas Kluwut sebagai berikut :
Kelas
|
Alokasi waktu (1 jam
pelajaran)
|
Jumlah jam pelajaran per
hari
|
Jumlah jam pelajaran per
minggu
|
Minggu efektif dalam
setahun
|
Jumlah jam pelajaran dan
setahun
|
I
|
35 Menit
|
|
31 jam
|
34-38
|
1054-1178
|
II
|
35
Menit
|
|
32 jam
|
34-38
|
1088-1216
|
III
|
35
Menit
|
|
33 jam
|
34-38
|
1122-1254
|
IV
|
35
Menit
|
8 jam pelajaran
|
39 jam
|
34-38
|
1326-1482
|
V
|
35
Menit
|
8 jampelajaran
|
39 jam
|
34-38
|
1326-1482
|
VI
|
35
Menit
|
8 jampelajaran
|
39 jam
|
34-38
|
1326-1482
|
Catatan
:
a.
Hari jumat hanya sampai jam ke 6
b.
Hatri sabtu hanya sampai jam ke 7
BAB IV
KRITERIA-KRITERIA
A. KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) BELAJAR
Kriteria Ketuntasan
Minimal (KKM) Bekajar adalah tingkat pencapaian standar kompetensi dan
kompetensi dasar mata pelajaran oleh siswa per mata pelajaran. Penentuan
criteria penuntasan minimal belajar ini ditetapkan dengan memperhatikan (1) Tingkat esensial (kepentingan) pencapaian standar kompetensi yang harus dicapai oleh
siswa, (2) Tingkat kompleksitas
(kesulitan dan kerumitan) setiap indikataor pencapaian Kompetensi Dasar
yang harus dicapai oleh siswa, (3) Tingkat
kemampuan (intake) rata-rata siswa di Madrasah, dan (4) Ketersediaan sumber daya pendukung dalam
penyelenggaraan pembelajaran.
Criteria Ketuntasan Minimal per mata
pelajaran adalah sebagai berikut :
No
|
Komponen
|
Aspek
Penilaian
|
Kriteria
Ketuntasan Minimal
|
|||||
I
|
II
|
III
|
IV
|
V
|
VI
|
|||
A
|
Mata Pelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pendidikan Agama
|
|
|
|
|
|
|
|
a. Al Quran Hadist
|
Penguasaan ilmu
|
60
|
65
|
65
|
65
|
65
|
70
|
|
Penerapan
|
-
|
65
|
65
|
65
|
65
|
70
|
||
|
b. Akidah Akhlak
|
Penguasaan ilmu
|
60
|
70
|
70
|
70
|
70
|
70
|
Penerapan
|
-
|
70
|
70
|
70
|
70
|
70
|
||
|
c. Fiqh
|
Penguasaan ilmu
|
60
|
70
|
70
|
70
|
70
|
70
|
Penerapan
|
-
|
70
|
70
|
70
|
70
|
70
|
||
|
d. SKI
|
Penguasan konsep
|
-
|
-
|
70
|
65
|
70
|
70
|
Peneladanan
|
-
|
-
|
70
|
65
|
70
|
70
|
||
|
e. Bahasa Arab
|
Penguasan Bahasa
|
-
|
-
|
-
|
60
|
60
|
60
|
mendenagarkan
|
-
|
-
|
-
|
60
|
60
|
60
|
||
Berbicara
|
-
|
-
|
-
|
60
|
60
|
60
|
||
Membaca
|
-
|
-
|
-
|
60
|
60
|
60
|
||
Menulis
|
-
|
-
|
-
|
60
|
60
|
60
|
||
2
|
Pendidikan
Kewarganegaraan
|
Penguasan konsep
|
60
|
65
|
65
|
60
|
65
|
60
|
Penerapan sikap sosial
|
-
|
65
|
65
|
60
|
65
|
60
|
||
3
|
Bahasa Indonesia
|
Penguasaan Bahasa
|
60
|
65
|
65
|
65
|
65
|
65
|
Mendengarkan
|
-
|
65
|
65
|
65
|
65
|
70
|
||
Berbicara
|
-
|
65
|
65
|
65
|
65
|
70
|
||
Membaca
|
-
|
65
|
65
|
65
|
65
|
70
|
||
Menulis
|
-
|
65
|
65
|
65
|
65
|
70
|
||
4
|
Matematika
|
Penguasan ilmu
|
60
|
60
|
60
|
60
|
60
|
60
|
Penalaran dan komunikasi
|
-
|
60
|
60
|
60
|
60
|
60
|
||
Pemecahan masalah
|
-
|
60
|
60
|
60
|
60
|
60
|
||
5
|
Pengetahuan Alam
|
Penguasan konsep
|
60
|
60
|
60
|
60
|
60
|
60
|
Ketrampilan pengetahuan alam
|
-
|
60
|
60
|
60
|
60
|
60
|
||
6
|
Ilmu pengetahuan sosial
|
Penguasan konsep
|
60
|
60
|
60
|
60
|
60
|
60
|
Penerapan
|
-
|
60
|
60
|
60
|
60
|
60
|
||
7
|
Seni Budaya dan Ketrampilan
|
Ketrampilan seni
|
60
|
70
|
70
|
70
|
70
|
70
|
Kerajinan
|
70
|
70
|
70
|
70
|
70
|
70
|
||
8
|
Pendidikan Jasmani
|
Permainan dan olahraga
|
70
|
70
|
70
|
70
|
70
|
70
|
Aktivitas pengembangan
|
70
|
70
|
70
|
70
|
70
|
70
|
||
Ujian diri/senam
|
70
|
70
|
70
|
70
|
70
|
70
|
||
B
|
Muatan Lokal
|
|
60
|
70
|
70
|
70
|
70
|
70
|
|
a. Bahasa Jawa
|
Penguasan bahasa
|
65
|
65
|
65
|
65
|
60
|
60
|
Mendegarkan
|
65
|
65
|
65
|
65
|
65
|
65
|
||
Berbicara
|
65
|
65
|
65
|
65
|
60
|
60
|
||
Membaca
|
65
|
65
|
65
|
65
|
65
|
65
|
||
Menulis
|
65
|
65
|
65
|
65
|
65
|
65
|
||
|
b. Baca Tulis Al Qur’an
|
Penguasan ilmu
|
70
|
70
|
70
|
70
|
70
|
70
|
Membaca
|
70
|
70
|
70
|
70
|
70
|
70
|
||
Menulis
|
70
|
70
|
70
|
70
|
70
|
70
|
||
C
|
Pengembangan diri
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a. Pramuka
|
|
baik
|
baik
|
baik
|
baik
|
baik
|
baik
|
|
b. Rebana/Marcing band
|
|
baik
|
baik
|
baik
|
baik
|
baik
|
baik
|
Siswa yang belum mencapai criteria
ketuntasan minimal harus mengikuti perbaikan (remedial), sampai mencapai
ketuntasan Kompetensi yang dipersyaratkan.
B. KRITERIA KENAIKAN KELAS
Peserta didik Madrasah Ibtidaiyah Al
Ikhlas Kluwut dinyatakan naik kelas apabila memenuhi c
Kriteria sebagai berikut :
a.
Menyelesaikan seluruh program pembelajaran pada dua semester
dikelas yang di ikuti
b.
Nilai mata pelajaran dibawah criteria ketuntasan minimal
tidak lebih dari 3 mata pelajaran
c.
Memperoleh nilai minimal 70 pada penilaian kelompok pelajaran
1) Pendidikan Agam Islam, 2) Baca Tulis Al Qur’an
d.
Memperoleh minimal 60 pada penilaian kelompok pelajaran umum
e.
Memperoleh nilai minimal 75 pada penilaian 10 praktek
keagamaan, 20 Akhlakul Karimah
C. KRITERIA KELULUSAN
Berdasarkan PP No. 19
Tahun 2005 tentang standar Nasional Pendidikan dan hasil rapat komite Madrasah
Ibtidaiyah Al Ikhlas Kluwut, maka peserta didik dinyatakan lulus Madrasah
Ibtidaiyah Al Ikhlas Kluwut apabila telah memenuhi persyaratan sebagai berikut
:
a.
Telah menyelesaikan seluruh program pembelajarandi Madrasah
Ibtidaiyah Al Ikhlas Kluwut
b.
Memperoleh nilai baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata
pelajaran, kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia, kewarganegaraan dan
kepribadian, estetika, dan kelompok mata pelajaran jasmani dan olahraga serta
kesehatan.
c.
Lulus ujian sekolah/Madrasah untuk kelompok mata pelajaran
ilmu pengetahuan dan teknologi
d.
Lulus ujian akhir sekolah berstandar nasional
BAB V
KALENDER
PENDIDIKAN
Kalender
pendidikan adalah penanggalan atau jadwal waktu kegiatan yang terkait dengan
kegiatan pendidikan sekolah di sekolah selama 1 tahun. Diawali dengan awal
kegiatan sekolah dan diakhiri dengan kenikan kelas atau kelulusan dari hasil
ujian akhir. Karena itu dalam kalender pendidikan terdapat pengaturan waktu
untuk kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik dan sekolah selam satu
tahun pelajaran mencakup permulaan tahun ajaran, minggu efektif, dan hari
libur. Beberapa hal yang berkaitan dengan kalender pendidikan dipaparkan
sebagai berikut :
1.
Permulaan tahun pelajaran adalah waktu dimulainya kegiatan
pembelajaran pada awal tahun pelajaran pada MI Al Ikhlas Kluwut-Bulakamba-Brebes
2.
Minggu efektof belajar adalah jumlah minggu kegiatan
pembelajaran untuk setiap tahun pelajaran pada MI Al Ikhlas
Kluwut-Bulakamba-Brebes
3.
Waktu pembelajaran efektif adalah jumlah jam pembelajaran
setiap minggu, meliputi jumlah jam pembelajaran untuk setiap mata pelajaran,
termasuk muatan local, ditambah jumlah jam untuk kegiatan pengembangan diri
4.
Waktu libur adalah waktu yang ditetapkan untuk tidak
diadakannya kegiatan pembelajaran pada MI Al Ikhlas Kluwut-Bulakamba-Brebes.
Waktu libur apat berbentuk jeda tengah semester, jeda antarsemester, libur
akhir tahun pelajaran, hari libur keagamaan, hari libur umum, termasuk hari
besar nasional dan hari libur khusus.
Kalender Pendidikan
Madrasah Ibtidaiyah Al Ikhlas Kluwut disusun berdasarkan Kalender Pendidikan Kanwil
Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, Kalender Yayasan Al Ikhlas (bila NMadrasah swasta) dan
Kalender kegiatan internal Madrasah Ibtidaiyah Al Ikhlas Kluwut.
Berdasarkan berbagai
peaturan diatas, alokasi waktu minggu efeektif belajar, waktu libur dan
kegiatan lainya di Madrasah Ibtidaiyah Al Ikhlas Kluwut secara lengkap
tergambar dalam Kalender pendidikan Madrasah btidaiyah Al Ikhlas Kluwut sebagai
berikut :
Surat Edaran Ditjen Pendidikan Islam Nomor :
DJ.II/PP.00/ED/681/2006
|
|||
Tentang
Pelaksanaan Kurikulum 2006
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
Table Alokasi
Waktu pada Kalender Pendidikan
|
|||
No
|
Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Keterangan
|
1
|
Minggu
efektif belajar
|
Minimum 34
minggu dan
|
Digunakan
untuk
|
|
|
Maksimum 38
minggu
|
Kegiatan
pembelajaran
|
|
|
|
Efektif pada
setiap
|
|
|
|
Satuan pendidikan
|
2
|
Jeda tengah
semester
|
Maksimum 2
minggu
|
Satu minggu
setiap semester
|
3
|
Jeda
antarsemester
|
Maksimum2
minggu
|
Antarsemester
I dan II
|
4
|
Libur akhir
tahun pelajaran
|
Maksimum 3
minggu
|
Digunakan
untuk penyiapan kegiatan
|
|
|
|
Administrasi
akhir dan awal
|
|
|
|
pelajaran
|
5
|
Hari libur
keagamaan
|
2-4 minggu
|
Daerah khusus
yang memerlukan libur
|
|
|
|
Keagamaan
lebih panjang
|
|
|
|
Dapat
mengaturnya sendiri
|
|
|
|
Tanpa
mengurangi jumlah
|
|
|
|
Minggu
efektif dan waktu
|
|
|
|
Pembelajaran
efektif
|
6
|
Hari libur
umum/Nasional
|
Maksimum 2
minggu
|
Disesuaikan
dengan peraturan Pemerintah
|
7
|
Hari libur
khusus
|
Maksimum 1
minggu
|
Untuk satuan
pendidikan
|
|
|
|
Sesuai dengan
cirri kekhususan masing-masing
|
8
|
Kegiatan
khusus
|
Maksimum 3
minggu
|
Digunakan
untuk kegiatan
|
|
|
|
Yang
diprogramkan secara
|
|
|
|
Khusus oleh
sekolah atau
|
|
|
|
Madrasah
tanpa mengurangi jumlah minggu
|
|
|
|
Efektif
belajar dan waktu
|
|
|
|
Pembelajaran
efektif
|
Kalender Pendidikan Madrasah
Ibtidaiyah Al Ikhlas Kluwut
Tahun
Pelajaran 2008/2009
Semester 1
No
|
Tanggal, Bulan, Tahun
|
Kegiatan
|
Keterangan
|
1
|
14 Juli 2008
|
Hari pertama masuk madrasah dan
hari efektif 2, 3, 4, 6
|
|
2
|
15-21 Juli 2008
|
Pecan Ta’aruf
|
|
3
|
22 Juki 2008
|
Gebyar seni islam menyambut
siswa baru
|
|
4
|
……………………………….
|
…………………………………………………………..
|
…………………
|
5
|
17 Agustus 2008
|
Upacara Bendera HUT RI di
Madrasah
|
|
6
|
…………………………….
|
…………………………………………………………
|
………………...
|
Semester 2
No
|
Tanggal, Bulan, Tahun
|
Kegiatan
|
Keterangan
|
1
|
29 Januari 2009
|
Hari pertama masuk Madrasah
semester genap
|
|
2
|
31 Januari 2009
|
Gebyar Tahun Baru Hijriyah
|
|
3
|
2 Februari 2009
|
Hari lahirnya Madrasah/Milad
|
|
LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.
Silabus
2.
RPP
3.
KKM
4.
Surat-surat Keputusan Kepala Madrasah :
·
SK Tim Penyusunan KTSP
·
SK SKBM atau Kriteria Ketuntasan Minimal
·
SK Kriteria Kenaikan Kelas
·
SK Pembagian Tugas dalam Kegiatan Pembelajaran, Bimbingan dan
Ekstrakurikuler
·
Profil Sekolah
·
Data lain yang relevan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar